KISI-KISI KELAS 11

  

NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.

MATA PELAJARAN : INFORMATIKA

ELEMENT : Berpikir komputasional 



CAPAIAN PEMBELAJARAN : Pada fase E, Peserta didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital; menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal; menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi; kemudian mampu memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak. 
Selain itu, peserta didik mampu mengenali berbagai model jaringan komputer serta mampu melakukan pengiriman data antarperangkat dalam jaringan komputer 



TUJUAN PEMBELAJARAN : BK.11.1 Peserta didik dapat memahami fungsi alur proses pengembangan program

Kecakapan bermedia digital, berperilaku etis dan berbudaya di dunia digital, berkemampuan menjaga keamanan diri dan lingkungan, serta memiliki kenyamanan dan keseimbangan hidup di dunia nyata sekaligus dunia maya.


KEGIATAN PEMBELAJARAN : Materi
METODE PEMBELAJARAN : Praktik individu dan kelompok.
KELAS : XI


WAKTU : Rabu, 10 september 2025

BK.11.1 PPM 1 BERFIKIR KOMPUTASIONAL

PERTEMUAN KE : 12 

DOWNLOAD DISINI : DISINI


kisi-kisi sts ganjil – kelas xi (format polos)

mapel: informatika (excel – dasar vlookup hlookup)

struktur: bagian a 60 poin, bagian b 40 poin   kkm: 78   waktu:90 menit  guru: NUR EKA PRAWITO, S.Kom.


stimulus: tabel bantu a1:e10 (acuan untuk bagian a)

kode

nama

kategori

harga

stok

brg001

pulpen neo

alat tulis

2500

42

brg002

buku tulis a5

alat tulis

12000

35

brg003

penggaris 30cm

alat tulis

6000

18

brg004

spidol hitam

alat tulis

9000

12

brg005

penghapus karet

alat tulis

3000

50

brg006

pensil 2b

alat tulis

4000

60

brg007

map plastik a4

penyimpanan

3500

22

brg008

lem kertas 50ml

perekat

7000

9

brg009

kertas hvs a4 80gsm

kertas

55000

15


kisi-kisi – bagian a (berdasarkan tabel bantu, tanpa menulis naskah soal)

no

materi

indikator / tujuan (tanpa menulis soal)

kko (verba)

bentuk

rujukan / koordinat

bukti jawaban yang diharapkan

skor

a1

vlookup – ambil nama

menentukan rumus untuk mengambil field "nama" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match

c3: gunakan  c2: jelaskan singkat

esai rumus

lookup g2  hasil h2  table_array a2:e10  col 2  false

penulisan rumus benar dan konsisten

12

a2

vlookup – ambil kategori

menentukan rumus untuk mengambil field "kategori" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match

c3: gunakan  c2: jelaskan singkat

esai rumus

lookup g2  hasil i2  table_array a2:e10  col 3  false

penulisan rumus benar dan konsisten

12

a3

vlookup – ambil harga

menentukan rumus untuk mengambil field "harga" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match

c3: gunakan  c2: jelaskan singkat

esai rumus

lookup g2  hasil j2  table_array a2:e10  col 4  false

penulisan rumus benar dan konsisten

12

a4

vlookup – ambil stok

menentukan rumus untuk mengambil field "stok" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match

c3: gunakan  c2: jelaskan singkat

esai rumus

lookup g2  hasil k2  table_array a2:e10  col 5  false

penulisan rumus benar dan konsisten

12

a5

indeks kolom

menentukan angka indeks kolom untuk nama, kategori, harga, stok berdasarkan urutan tabel bantu

c1: sebutkan  c2: jelaskan

esai singkat

tabel bantu a1:e10

mapping: nama=2 kategori=3 harga=4 stok=5

12


kisi-kisi – bagian b (konsep dasar, tanpa menulis naskah soal)

no

materi

indikator / tujuan (tanpa menulis soal)

kko (verba)

bentuk

rujukan

 

skor

b1

sintaks vlookup

menuliskan bentuk umum sintaks vlookup yang benar

c1: tuliskan

esai singkat

konsep vlookup

 

8

b2

pengertian vlookup dan hlookup

menjelaskan fungsi keduanya dan beda arah pencarian

c2: jelaskan

esai singkat

konsep vertical vs horizontal lookup

 

8

b3

sintaks hlookup + argumen

menuliskan sintaks hlookup dan fungsi setiap argumen

c1: tuliskan  c2: jelaskan

esai singkat

konsep hlookup

 

8

b4

range_lookup true 1 vs false 0

menjelaskan perbedaan dan kapan digunakan

c2: jelaskan

esai singkat

argumen ke-4

 

8

b5

contoh rumus vlookup spesifik

menuliskan satu rumus vlookup sesuai parameter yang diminta

c3: gunakan

esai rumus

parameter contoh

 

8

 

 

Posting Komentar

17 Komentar

  1. Cinta XI. F. A. 3
    Terimakasih, Bapak.. Sangat paham!

    BalasHapus
  2. Rahma Amira XI. IPA 2
    Terimakasih banyak pak untuk kisi kisi untuk ulangan nya pak.. 🙏🏻🙏🏻

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. terimakasii bapaa untuk kisi’nyaa🫶🏻

    BalasHapus
  5. jasmine assalwa
    Xl.A.1
    terimakasi bapak kisi kisi nya

    BalasHapus
  6. Eva Novita Sari Xl.A.1
    terimakasih untuk kisi kisi nya bapak, sangat membantu dalam proses belajar 😁👍🏼

    BalasHapus
  7. Adilia Rahmawati XI.F.A.4
    terimakasih kisi kisi nya pak eka, sangat membantu untuk belajar🙏🏻

    BalasHapus
  8. arumi azzahra ansori XI.F.A 1
    terimakasih kisi kisinya bapakk 🙏🏻

    BalasHapus
  9. Rahma Luthfiah Zulfa XI.F.A1
    Terima kasih kisi kisi nya pakk

    BalasHapus
  10. khalista hapsari t.d
    XI.A.2
    terimakasi bapakk kisi kisinyaa

    BalasHapus
  11. Aisha Sella Putri XI F.A.2
    terimakasih bapak kisi kisinya

    BalasHapus
  12. M.Alfarizi Tisyana
    XI.FA.1
    terimakasih pak atas kisi kisinya

    BalasHapus
  13. najla aulia
    xl fa 5
    terimakasih pak kisi kisi nya

    BalasHapus
  14. siti ghaliya salsabila
    XI.FA.6
    terima kasih pak kisi kisinya

    BalasHapus
  15. M. Keizha Bagaskara
    XI. F. A. 4
    terimakasih pak kisi kisi nya

    BalasHapus
  16. assalamualaikum pak
    annisa anindia putri
    XI FA 4, terimakasih kisi" nya pakk

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum wr wb
    NAMA : RAHEN HAFIZ ADE PRATAMA
    KELAS : 11.F.A.4
    terimakasih atas kisi kisinya pak🙏🏿🙏🏿🙏🏿

    BalasHapus