NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
ELEMENT : Literasi Digital
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Pada fase E, Peserta didik mampu memahami penggunaan mesin pencari dengan variabel yang lebih banyak; mengetahui ekosistem periksa fakta untuk memilah fakta dan bukan; menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi berbagai informasi digital; memahami pemanfaatan lebih beragam perkakas teknologi digital untuk membuat laporan, presentasi, serta analisis dan interpretasi data; memahami konsep dan penerapan serta konfigurasi keamanan dasar untuk konektivitas jaringan data lokal dan internet baik kabel maupun nirkabel; serta memahami pemanfaatan media digital untuk produksi dan diseminasi konten, partisipasi dan kolaborasi.
Peserta didik mampu menghargai hak atas kekayaan intelektual, mengenal profesi bidang Informatika, memahami penerapan digitalisasi budaya Indonesia, menyaring konten negatif di dunia digital, menerapkan pengelolaan kata sandi dengan manajer kata sandi, dan menerapkan autentikasi dua langkah secara sederhana, serta menerapkan konfigurasi privasi dan keamanan pada akun platform digital.
TUJUAN PEMBELAJARAN : LD.10.1
Kecakapan bermedia digital, berperilaku etis dan berbudaya di dunia digital, berkemampuan menjaga keamanan diri dan lingkungan, serta memiliki kenyamanan dan keseimbangan hidup di dunia nyata sekaligus dunia maya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN : Materi
METODE PEMBELAJARAN : Praktik individu dan kelompok.
KELAS : X
WAKTU : Selasa, 09 september 2025
LD.10.1 PPM penelusuran informasi digital
PERTEMUAN KE : 12
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Bagaimana kabarnya siswa/i sholeh dan sholehan kelas 10, hari ini kita akan membahas kisi-kisi STS informatika, pembuatan surat massal atau maillings, silahkan perhatikan intruksi di dibawah ini :
KISI-KISI & KUNCI JAWABAN
STS GANJIL – KELAS X
Mata Pelajaran: INFORMATIKA (Word – Surat Resmi & Dasar Tab)
Skor per nomor: 10 poin Total: 100 poin KKM: 75
Catatan: Beberapa butir dapat merujuk
stimulus gambar (mis.: surat, ribbon, tab insert, line/paragraph spacing).
Bisa juga di download filenya disini : download disini
KISI-KISI
No |
Materi |
Indikator |
Stimulus |
KKO |
Bentuk |
Unsur Penilaian Pokok |
Skor |
1 |
Font surat resmi |
Menyebut 1 font yang aman dan alasan singkat (formal,
keterbacaan). |
Gambar 1 – surat |
C1–C2 |
Esai singkat |
1 font + 1 alasan |
10 |
2 |
Ukuran huruf isi surat |
Menentukan ukuran huruf isi surat yang tepat (pt). |
Gambar 2 – ribbon |
C1 |
Esai singkat |
1 ukuran + konteks |
10 |
3 |
Spasi baris |
Memilih 1,15 atau 1,5 dan memberi alasan keterbacaan. |
Gambar 4 – line/paragraph spacing |
C1–C2 |
Esai singkat |
Pilihan + alasan |
10 |
4 |
Perataan paragraf (block style) |
Menentukan perataan yang dipakai pada block style. |
Gambar 2 – ribbon |
C1 |
Esai singkat |
Jawaban 1 baris |
10 |
5 |
Menyisipkan logo (tab Insert) |
Langkah dasar memasukkan logo: Insert > Pictures > This
Device > pilih file > Insert (opsional atur di Header). |
Gambar 3 – tab Insert |
C2 |
Esai langkah |
Langkah berurutan |
10 |
6 |
Pengertian hoaks |
Menjelaskan arti hoaks dengan bahasa sendiri. |
— |
C1 |
Esai singkat |
Definisi tepat |
10 |
7 |
Bahaya hoaks |
Menyebut minimal 2 dampak/bahaya hoaks. |
— |
C1–C2 |
Esai singkat |
≥ 2 poin |
10 |
8 |
Fungsi utama Mailings |
Menjelaskan fungsi utama Mailings untuk surat massal. |
— |
C1–C2 |
Esai singkat |
Fungsi tepat |
10 |
9 |
Keuntungan Mailings |
Menyebut minimal 2 keuntungan menggunakan Mailings. |
— |
C1–C2 |
Esai singkat |
≥ 2 poin |
10 |
10 |
Memiringkan teks (Italic) |
Menjelaskan cara membuat teks menjadi miring pada contoh kalimat. |
Gambar 1 – surat |
C1–C2 |
Esai langkah |
Langkah singkat |
10 |
PEDOMAN PENSKORAN (per nomor, 10 poin)
Komponen |
Poin |
Ketepatan isi |
4 |
Alasan/argumen atau urutan langkah |
3 |
Contoh/istilah tepat |
2 |
Kerapian bahasa |
1 |
0 Komentar