NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
ELEMENT : Berpikir komputasional
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Pada fase E, Peserta didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital; menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal; menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi; kemudian mampu memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak. Selain itu, peserta didik mampu mengenali berbagai model jaringan komputer serta mampu melakukan pengiriman data antarperangkat dalam jaringan komputer
TUJUAN PEMBELAJARAN : BK.11.1 Peserta didik dapat memahami fungsi alur proses pengembangan program
Kecakapan bermedia digital, berperilaku etis dan berbudaya di dunia digital, berkemampuan menjaga keamanan diri dan lingkungan, serta memiliki kenyamanan dan keseimbangan hidup di dunia nyata sekaligus dunia maya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN : Materi
METODE PEMBELAJARAN : Praktik individu dan kelompok.
KELAS : XI
WAKTU : Rabu, 10 september 2025
BK.11.1 PPM 1 BERFIKIR KOMPUTASIONAL
PERTEMUAN KE : 12
DOWNLOAD DISINI : DISINI
kisi-kisi sts ganjil – kelas xi (format polos)
mapel: informatika (excel – dasar vlookup hlookup)
struktur: bagian a 60 poin, bagian b 40 poin kkm: 78 waktu:90 menit guru: NUR EKA PRAWITO, S.Kom.
stimulus: tabel bantu a1:e10 (acuan untuk bagian a)
kode | nama | kategori | harga | stok |
brg001 | pulpen neo | alat tulis | 2500 | 42 |
brg002 | buku tulis a5 | alat tulis | 12000 | 35 |
brg003 | penggaris 30cm | alat tulis | 6000 | 18 |
brg004 | spidol hitam | alat tulis | 9000 | 12 |
brg005 | penghapus karet | alat tulis | 3000 | 50 |
brg006 | pensil 2b | alat tulis | 4000 | 60 |
brg007 | map plastik a4 | penyimpanan | 3500 | 22 |
brg008 | lem kertas 50ml | perekat | 7000 | 9 |
brg009 | kertas hvs a4 80gsm | kertas | 55000 | 15 |
kisi-kisi – bagian a (berdasarkan tabel bantu, tanpa menulis naskah soal)
no | materi | indikator / tujuan (tanpa menulis soal) | kko (verba) | bentuk | rujukan / koordinat | bukti jawaban yang diharapkan | skor |
a1 | vlookup – ambil nama | menentukan rumus untuk mengambil field "nama" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match | c3: gunakan c2: jelaskan singkat | esai rumus | lookup g2 hasil h2 table_array a2:e10 col 2 false | penulisan rumus benar dan konsisten | 12 |
a2 | vlookup – ambil kategori | menentukan rumus untuk mengambil field "kategori" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match | c3: gunakan c2: jelaskan singkat | esai rumus | lookup g2 hasil i2 table_array a2:e10 col 3 false | penulisan rumus benar dan konsisten | 12 |
a3 | vlookup – ambil harga | menentukan rumus untuk mengambil field "harga" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match | c3: gunakan c2: jelaskan singkat | esai rumus | lookup g2 hasil j2 table_array a2:e10 col 4 false | penulisan rumus benar dan konsisten | 12 |
a4 | vlookup – ambil stok | menentukan rumus untuk mengambil field "stok" dari kunci "kode" dengan vlookup exact match | c3: gunakan c2: jelaskan singkat | esai rumus | lookup g2 hasil k2 table_array a2:e10 col 5 false | penulisan rumus benar dan konsisten | 12 |
a5 | indeks kolom | menentukan angka indeks kolom untuk nama, kategori, harga, stok berdasarkan urutan tabel bantu | c1: sebutkan c2: jelaskan | esai singkat | tabel bantu a1:e10 | mapping: nama=2 kategori=3 harga=4 stok=5 | 12 |
kisi-kisi – bagian b (konsep dasar, tanpa menulis naskah soal)
no | materi | indikator / tujuan (tanpa menulis soal) | kko (verba) | bentuk | rujukan |
| skor |
b1 | sintaks vlookup | menuliskan bentuk umum sintaks vlookup yang benar | c1: tuliskan | esai singkat | konsep vlookup |
| 8 |
b2 | pengertian vlookup dan hlookup | menjelaskan fungsi keduanya dan beda arah pencarian | c2: jelaskan | esai singkat | konsep vertical vs horizontal lookup |
| 8 |
b3 | sintaks hlookup + argumen | menuliskan sintaks hlookup dan fungsi setiap argumen | c1: tuliskan c2: jelaskan | esai singkat | konsep hlookup |
| 8 |
b4 | range_lookup true 1 vs false 0 | menjelaskan perbedaan dan kapan digunakan | c2: jelaskan | esai singkat | argumen ke-4 |
| 8 |
b5 | contoh rumus vlookup spesifik | menuliskan satu rumus vlookup sesuai parameter yang diminta | c3: gunakan | esai rumus | parameter contoh |
| 8 |
17 Komentar
Cinta XI. F. A. 3
BalasHapusTerimakasih, Bapak.. Sangat paham!
Rahma Amira XI. IPA 2
BalasHapusTerimakasih banyak pak untuk kisi kisi untuk ulangan nya pak.. 🙏🏻🙏🏻
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterimakasii bapaa untuk kisi’nyaa🫶🏻
BalasHapusjasmine assalwa
BalasHapusXl.A.1
terimakasi bapak kisi kisi nya
Eva Novita Sari Xl.A.1
BalasHapusterimakasih untuk kisi kisi nya bapak, sangat membantu dalam proses belajar 😁👍🏼
Adilia Rahmawati XI.F.A.4
BalasHapusterimakasih kisi kisi nya pak eka, sangat membantu untuk belajar🙏🏻
arumi azzahra ansori XI.F.A 1
BalasHapusterimakasih kisi kisinya bapakk 🙏🏻
Rahma Luthfiah Zulfa XI.F.A1
BalasHapusTerima kasih kisi kisi nya pakk
khalista hapsari t.d
BalasHapusXI.A.2
terimakasi bapakk kisi kisinyaa
Aisha Sella Putri XI F.A.2
BalasHapusterimakasih bapak kisi kisinya
M.Alfarizi Tisyana
BalasHapusXI.FA.1
terimakasih pak atas kisi kisinya
najla aulia
BalasHapusxl fa 5
terimakasih pak kisi kisi nya
siti ghaliya salsabila
BalasHapusXI.FA.6
terima kasih pak kisi kisinya
M. Keizha Bagaskara
BalasHapusXI. F. A. 4
terimakasih pak kisi kisi nya
assalamualaikum pak
BalasHapusannisa anindia putri
XI FA 4, terimakasih kisi" nya pakk
Assalamualaikum wr wb
BalasHapusNAMA : RAHEN HAFIZ ADE PRATAMA
KELAS : 11.F.A.4
terimakasih atas kisi kisinya pak🙏🏿🙏🏿🙏🏿