KISI KISI KELAS 12



NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA

KELAS : XII IPA

WAKTU : -

PERTEMUAN KE : -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bagaimana kabarnya siswa/i sholeh dan sholehan kelas 12, hari ini kita akan membahas kisi-kisi STS informatika, Pelajari buku cetak bab 1 sampai bab 3 ya, dan yg paling banyak di bab 1 dan 2 silahkan perhatikan kisi2 di dibawah ini :


BISA DI DOWNLOAD DISINI : DOWNLOAD DISINI

KISI-KISI STS GANJIL — INFORMATIKA KELAS XII

Yayasan Al-Azhar Lampung • SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung

 

Hari/Tanggal

Senin, 22-09-2025

Waktu

07:00–09:30

Mata Pelajaran

Informatika (Kelas XII)

 

 

 

Catatan: Kisi-kisi ini memetakan butir uraian ke indikator/TP, level kognitif, materi, serta alokasi skor (total 100).

 

No

Indikator/TP

Materi

Level

 

Skor

Kata Kunci Jawaban (Ringkas)

1

Mengidentifikasi & menjelaskan fungsi router, switch, hub, bridge, modem, repeater, AP, NIC, server, kabel UTP, konektor RJ45.

Perangkat Jaringan

C2–C3

 

12

Router=routing; Switch=layer2 switching; Hub=repeat; Bridge=segmen; Modem=modulasi; Repeater=perkuat sinyal; AP=Wi‑Fi; NIC=antarmuka; Server=layanan; Media=kabel UTP/RJ45.

2

Menggambar susunan pin & menyebut urutan warna standar straight (keduanya sama).

Kabel Jaringan

C3

 

12

Terima T568B (OW,O,GW,Bl,BlW,G,BrW,Br) atau T568A (GW,G,OW,Bl,BlW,O,BrW,Br); syarat straight: ujung‑A = ujung‑B; sertakan pin 1–8.

3

Menyebut & mendeskripsikan bus, star, ring, mesh, tree/hybrid dengan ciri dasar.

Topologi

C2

 

8

Bus=backbone tunggal; Star=sentral switch; Ring=lingkar; Mesh=banyak jalur; Tree=hierarki; kelebihan/kelemahan ringkas.

4

Menjelaskan prinsip etika: integritas, privasi, anti‑plagiarisme, anti‑bullying, netiket, patuh hukum.

Etika TIK

C2–C3

 

8

Jujur (tanpa cheat/plagiarisme), hormati privasi, sopan, verifikasi info, izin sumber/copyright, keamanan akun, jejak digital.

5

Memberi satu contoh tindakan etis di medsos & alasannya.

Etika Medsos

C2

 

4

Contoh: verifikasi sebelum share; gunakan bahasa sopan; hindari doxxing; atur privasi; kredit sumber; lapor konten toxic.

6

Membedakan sistem tertanam (tujuan khusus) vs komputer serbaguna (general purpose).

Komputasi/Embedded

C2–C3

 

8

Piranti sederhana=tujuan spesifik, resource terbatas, UI minimal, real‑time; PC=multi‑tujuan, OS kompleks, upgradeable, I/O luas.

7

Memberi contoh realistis & relevan.

Komputasi/Embedded

C1–C2

 

6

Kalkulator, jam digital, remote TV/AC, rice cooker, timbangan digital, lampu sensor, printer thermal, barcode scanner, dll.

8

Menyusun alur desain: identifikasi masalah→kebutuhan→desain→komponen→rangkaian→prototipe→uji→iterasi→implementasi→dokumentasi.

Rekayasa Perangkat

C4

 

18

Flowchart berurutan dgn simbol benar (terminator/proses/decision/panah); ada umpan balik (iterasi) & kriteria uji; jelas & rapi.

9

Menganalisis minimal 3 dampak & memberi contoh mitigasi.

Dampak TI

C3

 

12

Distraksi/kecanduan, hoaks/misinformasi, cyberbullying, kebocoran privasi, echo chamber; mitigasi: waktu layar, verifikasi, pengaturan privasi.

10

Menjelaskan ≥3 kelebihan & kondisi cocoknya.

Topologi

C2–C3

 

12

Hemat kabel/biaya, mudah instal jaringan kecil, perluasan sederhana; cocok untuk jaringan kecil sementara; catat keterbatasan kolisi.

 

Rubrik Penilaian (Umum)

Aspek

Deskripsi

Bobot Tipikal*

Catatan

Kelengkapan Konsep

Jumlah & relevansi poin kunci yang disebutkan

40–60%

Disesuaikan per butir (lihat 'Skor')

Ketepatan & Terminologi

Definisi, urutan, simbol/standar (mis. T568A/B)

20–30%

Kurangi jika istilah rancu/urutan salah

Penalaran/Aplikasi

Contoh, alasan, penerapan & mitigasi

10–30%

Utamakan pada butir analitis (8–10)

Kerapian & Sistematis

Struktur, gambar/flowchart, keterbacaan

5–10%

Berikan kredit untuk diagram yang jelas

*Bobot tipikal bersifat panduan umum; gunakan 'Skor' per butir sebagai patokan utama.

Total Skor: 100 (10 butir). Kisi-kisi ini langsung memetakan soal uraian yang diberikan panitia STS.


Posting Komentar

0 Komentar