KKA — PERTEMUAN AWAL
NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
ELEMENT : Berpikir komputasional
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Pada fase E, Peserta didik mampu memahami alur proses pengembangan program atau produk teknologi digital; menuliskan algoritma yang efisien, efektif, dan optimal; menganalisis persoalan dengan pemahamannya terhadap beberapa strategi algoritmik untuk menghasilkan beberapa alternatif solusi dari satu persoalan dengan memberikan justifikasi efisiensi, kelebihan, dan keterbatasan dari setiap alternatif solusi; kemudian mampu memilih dan menerapkan solusi terbaik, paling efisien, dan optimal dengan merancang struktur data yang lebih kompleks dan abstrak. Selain itu, peserta didik mampu mengenali berbagai model jaringan komputer serta mampu melakukan pengiriman data antarperangkat dalam jaringan komputer
TUJUAN PEMBELAJARAN : BK.11.1 Peserta didik dapat memahami fungsi alur proses pengembangan program
Kecakapan bermedia digital, berperilaku etis dan berbudaya di dunia digital, berkemampuan menjaga keamanan diri dan lingkungan, serta memiliki kenyamanan dan keseimbangan hidup di dunia nyata sekaligus dunia maya.
KEGIATAN PEMBELAJARAN : Materi
METODE PEMBELAJARAN : Praktik individu dan kelompok.
KELAS : XI
WAKTU : Selasa, 04 November 2025
BK.11.1 PPM 1 BERFIKIR KOMPUTASIONAL
PERTEMUAN KE : 24
Topik: Pengantar Koding & Kecerdasan Buatan + Praktik Python via Web (tanpa instal software)
Sasaran: Siswa kelas X/XI
A. PENGANTAR
Pada pertemuan awal ini kita akan:
1) memahami ruang lingkup mata pelajaran,
2) mencoba koding Python melalui situs web (tanpa instal aplikasi),
3) menyiapkan lingkungan belajar yang tertib, dan
4) bagi yang diizinkan orang tua, menyiapkan dompet digital untuk opsi langganan Gemini Pro sebagai alat bantu belajar.
Penting: Langganan alat bantu premium tidak wajib. Kalian tetap bisa mengikuti KKA tanpa berlangganan apa pun.
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Siswa memahami cakupan KKA dan tata tertib kelas.
- Siswa mampu menjalankan dan memodifikasi program Python sederhana melalui web.
- Siswa mengenal cara kerja alat bantu digital untuk merangkum, menyusun ide, dan meninjau kode.
- Siswa menyiapkan perangkat dan akun dengan aman serta beretika.
C. RENCANA SESI (±90 MENIT)
1) Pembuka (10 menit): kontrak belajar & target capaian.
2) Gambaran KKA (10 menit): contoh penerapan kecerdasan buatan di sekitar kita.
3) Setup cepat (15 menit): akses editor Python berbasis web.
4) Praktik Python (25 menit): jalankan contoh, ubah input, amati output.
5) Refleksi (10 menit): apa yang dipahami & kendala.
6) Penugasan (20 menit): tugas individu + opsional keluarga (izin orang tua untuk dompet digital/berlangganan).
D. MATERI INTI SINGKAT
- Koding: memberi instruksi ke komputer secara terstruktur untuk memecahkan masalah.
- Kecerdasan buatan: teknik komputasi untuk mengenali pola dari data, menyarankan solusi, dan mengotomatiskan tugas tertentu.
- Contoh sehari-hari: rekomendasi film, filter spam, peringkas teks, pemeriksa ejaan/kode.
E. PRAKTIK PYTHON VIA WEB (TANPA INSTAL SOFTWARE)
E1. Pilihan editor web (pilih salah satu):
- Programiz Online Compiler (Python)
- Replit (Python)
- W3Schools Try-It (Python)
- Python Tutor (menelusuri alur eksekusi kode)
Catatan: Beberapa situs meminta login untuk menyimpan proyek. Jika tidak login, simpan hasil kerja sebagai tangkapan layar dan salin kodenya ke dokumen.
E2. Langkah umum menjalankan kode:
1) Buka salah satu situs editor Python di atas.
2) Pilih bahasa Python.
3) Hapus contoh kode bawaan (jika ada), lalu tempel kode kalian.
4) Tekan tombol Run / Jalankan.
5) Amati Output. Jika ada error, baca pesannya (baris dan jenis kesalahan).
6) Simpan:
- Jika situs mendukung simpan/Share link: simpan tautannya.
- Jika tidak: salin kode ke dokumen dan ambil screenshot hasil output.
E3. Catatan tentang input():
- Sebagian editor web tidak menerima input interaktif.
Solusi:
a) Gunakan fitur “Run with input” bila tersedia, atau
b) Ganti input() dengan nilai langsung, contoh:
# awalnya:
# umur = int(input("Masukkan umur: "))
# ubah jadi:
umur = 17
E4. Paket contoh kode (coba semuanya):
--- Contoh A — Teks & Variabel ---
print("Halo, dunia!")
nama = "Raka"
kelas = 11
print("Saya", nama, "kelas", kelas)
--- Contoh B — Percabangan ---
umur = 16 # ubah nilainya untuk uji coba
if umur >= 17:
print("Boleh membuat KTP.")
el
1 Komentar
Assalamu'alaikum pak ekaa, saya Keysha Ozora Aditya Putri dari XI.F.A.4 sudah membaca materi tentang KKA ini, terimakasih pak atas materinya 🙏🙏
BalasHapus