NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.
MATA PELAJARAN : INFORMATIKA
KISI KISI
SAT INFORMATIKA KELAS XI
TUJUAN PEMBELAJARAN |
LEV KOG |
INDIKATOR SOAL |
NO SOAL |
Peserta didik mampu
memahami dan
mengaplikasikan dasar-dasar penggunaan Microsoft Excel
serta mengenal sistem operasi pada perangkat komputer dan mobile |
C3 |
Disajikan soal pilihan
ganda mengenai fungsi rumus Excel, peserta didik mampu menentukan rumus yang
tepat untuk menghitung nilai
rata-rata data. |
1 |
C3 |
Disajikan soal pilihan ganda tentang perhitungan diskon di Excel, peserta didik mampu menggunakan rumus yang sesuai untuk menghitung harga setelah
diskon. |
2 |
|
C2 |
Disajikan soal pilihan ganda mengenai fungsi HLOOKUP, peserta didik mampu memahami
fungsi pencarian data secara horizontal di Excel. |
3 |
|
C3 |
Disajikan soal
pilihan ganda tentang
operasi hitung di Excel, peserta didik mampu menghitung hasil dari
kombinasi operasi perkalian dan penjumlahan menggunakan referensi sel. |
4 |
|
C3 |
Disajikan soal
pilihan ganda mengenai sistem operasi, peserta didik mampu membedakan sistem operasi
komputer dan perangkat mobile. |
5 |
|
Peserta didik
mampu Mengidentifikasi
berbagai model jaringan komputer (seperti PAN, LAN, WLAN, MAN, WAN, Internet, dan
Intranet) beserta
karakteristik utama dan contoh penerapannya dengan benar |
C2 |
Disajikan soal pilihan ganda Memahami definisi dasar jaringan komputer. Peserta didik mampu Memahami definisi jaringan komputer |
6 |
C3 |
Disajikan soal pilihan
ganda manfaat utama dari jaringan komputer. Peserta didik mampu Menerapkan prinsip dasar
jaringan komputer |
7 |
|
C3 |
Disajikan soal
pilihan ganda jenis Topologi jaringan komputer. Peserta didik mampu Menerapkan Penggunaan Topologi jaringan komputer |
8 |
|
C3 |
Disajikan Studi Kasus
dan pilihan ganda
pada Troubleshooting jaringan komputer. Peserta didik mampu Menerapkan solusi Troubleshooting pada
Perangkat jaringan komputer |
9 |
|
Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan mengadaptasi berbagai peralatan (perangkat keras
dan perangkat lunak) serta metode yang relevan untuk menciptakan konten
digital yang |
C2 |
Disajikan soal pilihan ganda Memahami Ragam Konten Digital. Peserta didik mampu Memahami Jenis Ragam Konten Digital |
10 |
C3 |
Disajikan soal
pilihan ganda Memahami Jenis Format Kontent Digital. Peserta didik mampu Menerapkan Jenis Ragam Konten Digital |
11 |
kreatif dan sesuai
dengan kebutuhan proyek. |
C3 |
Disajikan Soal
pilihan ganda Memahami Jenis Format Kontent Digital. Peserta didik mampu Menerapkan Konsep Penggunaan Jenis Ragam Konten Digital |
12 |
Peserta didik mampu memahami prinsip-prinsip dasar dalam
Undang- Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) beserta amandemennya, menganalisis pasal- pasal krusial terkait kejahatan siber dan pelanggaran
etika digital, serta menjelaskan mekanisme penegakan hukum dalam kasus-kasus isu
digital. |
C4 |
Disajikan Studi kasus pada
soal pilihan ganda. Paserta didik mampu
Menganalisis Pentingnya Undang undang ITE dalam
Era Digital |
13 |
Peserta didik mampu
menunjukkan pemahaman tentang pentingnya hukum dan perundang-undangan dalam menciptakan ruang
digital yang aman dan
bertanggung jawab di Indonesia, serta
menginternalisasi kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga digital
berdasarkan hukum yang berlaku. |
C3 |
Disajikan Soal
Pilihan Ganda. Peserta
didik dapat Menerapkan prinsip-prinsip dasar
etika komunikasi digital (misalnya, menghormati, bertanggung jawab, berhati-hati). |
14 |
Peserta Didik
mampu menjelaskan berbagai
cara teknologi digital dimanfaatkan dalam
proses demokrasi.
mengidentifikasi contoh-contoh konkret pemanfaatan teknologi digital dalam konteks pemilu, partisipasi publik, dan penyampaian aspirasi.serta memahami potensi manfaat teknologi digital
dalam meningkatkan efisiensi, transparansi, dan
akuntabilitas dalam praktik
demokrasi. |
C2 |
Disajikan Soal
Pilihan Ganda. Peserta
didik dapat Memahami tujuan
dari penggunaan teknologi digital dalam Demokrasi |
15 |
C2 |
Disajikan Soal Pilihan Ganda. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana teknologi digital dapat
meningkatkan partisipasi
masyarakat dalam demokrasi |
16 |
|
Peserta didik mampu Menjelaskan fungsi dasar manajer kata
sandi untuk berbagai akun. Menerapkan autentikasi dua langkah pada moda yang bervariasi (misalnya, aplikasi autentikator dan SMS). Mempraktikkan penggunaan manajer kata sandi untuk mengelola kata sandi yang aman |
C2 |
Disajikan soal pilihan ganda Mengamankan Akun Digital. Peserta didik dapat
Memahami teknik pembuatan
kata sandi yang kuat dan aman untuk akun digital |
17 |
C3 |
Disajikan soal pilihan
ganda Mengamankan Akun Digital. Peserta didik dapat Menerapkan
teknik pembuatan kata sandi yang kuat dan aman untuk
akun digital |
18 |
|
C3 |
Disajikan soal pilihan ganda Mengamankan Akun Digital. Peserta didik dapat
Menerapkan teknik pembuatan
kata sandi yang kuat dan aman untuk akun digital |
19 |
|
C2 |
Disajikan soal
pilihan ganda. Peserta Didik Siswa dapat menjelaskan
konsep dasar autentifikasi dua faktor. Siswa dapat
mengidentifikasi dua jenis
faktor autentifikasi yang umum digunakan |
20 |
|
C3 |
Disajikan soal
pilihan ganda. Peserta
Didik Siswa dapat Siswa
dapat Menerapkan dua jenis faktor
autentifikasi yang umum
digunakan |
21 |
C4 |
Disajikan soal
pilihan ganda. Peserta
Didik Siswa dapat Siswa dapat Mengevaluasi dampak Penggunaan jenis faktor autentifikasi untuk keamanan data
pribadi |
22 |
|
Peserta didik mampu
menjelaskan konsep dasar, manfaat, dan risiko penggunaan platform
lokapasar, perbankan digital, dan dompet digital menganalisis fitur-fitur utama
dan aspek keamanan serta Menerapkan memanfaatkan platform lokapasar, perbankan digital, dan dompet digital dengan memperhatikan aspek keamanan |
C2 |
Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat
Siswa dapat Menjelaskan Jenis jenis Platform
digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital dan Dompet Digital |
23 |
C2 |
Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik
Siswa dapat Siswa dapat Menjelaskan Jenis jenis dan manfaat
Platform digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital dan Dompet Digital |
24 |
|
C3 |
Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat
Siswa dapat Menunjukan Jenis jenis
dan manfaat Platform digital termasuk lokapasar,
Perbankan Digital dan Dompet Digital |
25 |
|
C3 |
Disajikan soal pilihan
ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menerapkan Penggunaan Jenis jenis
Platform digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital dan Dompet Digital |
26 |
|
C4 |
Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik
Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis Penggunaan Jenis jenis Platform digital termasuk lokapasar,
Perbankan Digital dan Dompet Digital |
27 |
|
C3 |
Disajikan soal
pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menerapkan Manfaat Penggunaan Perbankan digital dan Dopet Digital
dalam kegiatan Transaksi Keuangan dengan
aman |
28 |
|
C4 |
Disajikan soal pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa
dapat Siswa dapat Menganalisis Resiko Penggunaan
Perbankan digital dan Dopet Digital dalam kegiatan Transaksi Keuangan dengan aman |
29 |
|
C4 |
Disajikan soal
pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis dampak Penggunaan Perbankan digital dan
Dopet Digital dalam kegiatan Kehidupan Sehari-hari |
30 |
|
C4 |
Disajikan soal
pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis dampak Penggunaan |
31 |
|
|
Perbankan digital dan Dopet Digital dalam kegiatan Kehidupan Sehari-hari |
|
Peserta didik
mampu memahami penggunaan mesin
pencari untuk melakukan
riset; |
C3 |
Disajikan Studi kasus
dan Penggunaan mesin Pencari. Peserta didik mampu
Menerapkan konsep
Penggunaan Mesin Pencari |
32 |
C3 |
Disajikan Studi
kasus dan Penggunaan mesin Pencari. Peserta
didik mampu Menerapkan
Penggunaan mesin Pencari secara Optimal. |
33 |
|
C3 |
Disajikan Studi kasus
dan Penggunaan mesin Pencari. Peserta didik mampu
Menerapkan Penggunaan mesin
Pencari secara Optimal. |
34 35 36 |
|
Peserta didik mampu
mengevaluasi kebenaran konten menggunakan verifikasi teks, gambar, dan video; menggunakan cara membaca lateral
untuk mengevaluasi informasi digital yang kompleks; |
C3 |
Disajikan soal pilihan Ganda memferifikasi
sebuah sebuah informasi berupa gambar. Peserta didik mampu Menerapkan konsep Verifikasi sebuah
informasi fie digital
berupa gambar atau video |
37 |
C3 |
Disajikan soal
pilihan Ganda memferifikasi sebuah sebuah informasi
berupa gambar. Peserta didik
mampu Menerapkan konsep
Verifikasi metadata |
38 |
|
C3 |
Disajikan soal pilihan Ganda memferifikasi
sebuah sebuah informasi berupa gambar. Peserta didik
mampu Menerapkan konsep
Verifikasi metadata |
39 |
|
C4 |
Disajikan soal
pilihan Ganda memferifikasi sebuah sebuah informasi
berupa gambar. Peserta didik
mampu Menerapkan konsep
Verifikasi metadata pada sebuh video |
40 |
0 Komentar