KISI KISI SOAL KELAS XI INFORMATIKA

                  

NAMA GURU : Nur Eka Prawito, S.Kom.

MATA PELAJARAN : INFORMATIKA

KISI KISI

SAT INFORMATIKA KELAS XI

 SILAHKAN KLIK LINK BERIKUT >>>  KLIK DISINI

 

TUJUAN PEMBELAJARAN

LEV KOG

INDIKATOR SOAL

NO SOAL

Peserta didik mampu memahami dan mengaplikasikan dasar-dasar

penggunaan Microsoft Excel serta mengenal sistem operasi pada

perangkat komputer dan mobile

C3

Disajikan soal pilihan ganda mengenai fungsi rumus Excel, peserta didik mampu

menentukan rumus yang tepat untuk menghitung nilai rata-rata data.

1

C3

Disajikan soal pilihan ganda tentang

perhitungan diskon di Excel, peserta didik mampu menggunakan rumus yang sesuai untuk menghitung harga setelah diskon.

2

C2

Disajikan soal pilihan ganda mengenai fungsi HLOOKUP, peserta didik mampu memahami fungsi pencarian data secara horizontal di

Excel.

3

C3

Disajikan soal pilihan ganda tentang operasi hitung di Excel, peserta didik mampu

menghitung hasil dari kombinasi operasi perkalian dan penjumlahan menggunakan

referensi sel.

4

C3

Disajikan soal pilihan ganda mengenai sistem operasi, peserta didik mampu membedakan sistem operasi komputer dan perangkat mobile.

5

Peserta didik mampu Mengidentifikasi berbagai model jaringan komputer (seperti PAN, LAN, WLAN, MAN,

WAN, Internet, dan Intranet) beserta karakteristik utama dan contoh

penerapannya dengan benar

 

C2

Disajikan soal pilihan ganda Memahami

definisi dasar jaringan komputer. Peserta didik mampu Memahami definisi jaringan

komputer

6

C3

Disajikan soal pilihan ganda manfaat utama dari jaringan komputer. Peserta didik mampu

Menerapkan prinsip dasar jaringan komputer

7

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda jenis Topologi jaringan komputer. Peserta didik mampu Menerapkan Penggunaan Topologi jaringan komputer

8

 

C3

Disajikan Studi Kasus dan pilihan ganda pada Troubleshooting jaringan komputer. Peserta

didik mampu Menerapkan solusi

Troubleshooting pada Perangkat jaringan komputer

9

Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengadaptasi berbagai peralatan (perangkat keras dan perangkat lunak) serta metode yang relevan untuk

menciptakan konten digital yang

 

C2

Disajikan soal pilihan ganda Memahami

Ragam Konten Digital. Peserta didik mampu

Memahami Jenis Ragam Konten Digital

 

10

C3

Disajikan soal pilihan ganda Memahami Jenis Format Kontent Digital. Peserta didik mampu Menerapkan Jenis Ragam Konten Digital

11


 

kreatif dan sesuai dengan kebutuhan proyek.

 

C3

Disajikan Soal pilihan ganda Memahami Jenis Format Kontent Digital. Peserta didik mampu Menerapkan Konsep Penggunaan Jenis

Ragam Konten Digital

 

12

Peserta didik mampu memahami

prinsip-prinsip dasar dalam Undang- Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) beserta

amandemennya, menganalisis pasal- pasal krusial terkait kejahatan siber dan pelanggaran etika digital, serta menjelaskan mekanisme penegakan

hukum dalam kasus-kasus isu digital.

C4

Disajikan Studi kasus pada soal pilihan ganda. Paserta didik mampu Menganalisis Pentingnya Undang undang ITE dalam Era Digital

 

 

 

 

13

Peserta didik mampu menunjukkan pemahaman tentang pentingnya

hukum dan perundang-undangan

dalam menciptakan ruang digital yang aman dan bertanggung jawab di

Indonesia, serta menginternalisasi kesadaran akan hak dan kewajiban sebagai warga digital berdasarkan hukum yang berlaku.

C3

Disajikan Soal Pilihan Ganda. Peserta didik

dapat Menerapkan prinsip-prinsip dasar etika komunikasi digital (misalnya, menghormati,

bertanggung jawab, berhati-hati).

 

 

 

14

Peserta Didik mampu menjelaskan berbagai cara teknologi digital

dimanfaatkan dalam proses demokrasi. mengidentifikasi contoh-contoh

konkret pemanfaatan teknologi digital dalam konteks pemilu, partisipasi

publik, dan penyampaian aspirasi.serta memahami potensi manfaat teknologi digital dalam meningkatkan efisiensi,

transparansi, dan akuntabilitas dalam praktik demokrasi.

C2

Disajikan Soal Pilihan Ganda. Peserta didik dapat Memahami tujuan dari penggunaan teknologi digital dalam Demokrasi

 

15

C2

Disajikan Soal Pilihan Ganda. Peserta didik dapat menjelaskan bagaimana teknologi

digital dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam demokrasi

 

 

 

16

Peserta didik mampu Menjelaskan fungsi dasar manajer kata sandi untuk berbagai akun.

Menerapkan autentikasi dua langkah pada moda yang bervariasi (misalnya, aplikasi autentikator dan SMS).

Mempraktikkan penggunaan manajer kata sandi untuk mengelola kata sandi yang aman

 

C2

Disajikan soal pilihan ganda Mengamankan Akun Digital. Peserta didik dapat Memahami teknik pembuatan kata sandi yang kuat dan aman untuk akun digital

 

17

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda Mengamankan Akun Digital. Peserta didik dapat Menerapkan teknik pembuatan kata sandi yang kuat dan

aman untuk akun digital

 

18

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda Mengamankan Akun Digital. Peserta didik dapat Menerapkan teknik pembuatan kata sandi yang kuat dan aman untuk akun digital

 

19

 

 

C2

Disajikan soal pilihan ganda. Peserta Didik Siswa dapat menjelaskan konsep dasar

autentifikasi dua faktor.

Siswa dapat mengidentifikasi dua jenis faktor autentifikasi yang umum digunakan

 

 

20


 

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menerapkan dua

jenis faktor autentifikasi yang umum digunakan

21

 

C4

Disajikan soal pilihan ganda. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Mengevaluasi

dampak Penggunaan jenis faktor autentifikasi untuk keamanan data pribadi

 

22

Peserta didik mampu menjelaskan konsep dasar, manfaat, dan risiko penggunaan platform lokapasar,

perbankan digital, dan dompet digital menganalisis fitur-fitur utama dan aspek keamanan serta Menerapkan memanfaatkan platform lokapasar,

perbankan digital, dan dompet digital dengan memperhatikan aspek

keamanan

 

C2

Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menjelaskan Jenis jenis Platform digital

termasuk lokapasar, Perbankan Digital dan Dompet Digital

 

23

 

 

C2

Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menjelaskan Jenis jenis dan manfaat Platform digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital

dan Dompet Digital

 

 

24

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat

Menunjukan Jenis jenis dan manfaat Platform digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital

dan Dompet Digital

 

25

 

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menerapkan Penggunaan Jenis jenis Platform

digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital dan Dompet Digital

 

 

26

 

C4

Disajikan soal pilihan ganda tentang Platform digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis Penggunaan Jenis jenis Platform digital termasuk lokapasar, Perbankan Digital

dan Dompet Digital

 

27

 

 

C3

Disajikan soal pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menerapkan Manfaat Penggunaan Perbankan digital dan Dopet Digital dalam kegiatan

Transaksi Keuangan dengan aman

 

 

28

 

C4

Disajikan soal pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis Resiko Penggunaan Perbankan digital dan Dopet Digital dalam kegiatan

Transaksi Keuangan dengan aman

 

29

C4

Disajikan soal pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis dampak Penggunaan

Perbankan digital dan Dopet Digital dalam kegiatan Kehidupan Sehari-hari

 

 

30

C4

Disajikan soal pilihan ganda tentang Perbankan Digital. Peserta Didik Siswa dapat Siswa dapat Menganalisis dampak Penggunaan

31


 

 

 

Perbankan digital dan Dopet Digital dalam kegiatan Kehidupan Sehari-hari

 

Peserta didik mampu memahami penggunaan mesin pencari untuk melakukan riset;

C3

Disajikan Studi kasus dan Penggunaan mesin Pencari. Peserta didik mampu Menerapkan konsep Penggunaan Mesin Pencari

 

32

C3

Disajikan Studi kasus dan Penggunaan mesin

Pencari. Peserta didik mampu Menerapkan Penggunaan mesin Pencari secara Optimal.

33

C3

Disajikan Studi kasus dan Penggunaan mesin Pencari. Peserta didik mampu Menerapkan Penggunaan mesin Pencari secara Optimal.

34

35

36

Peserta didik mampu mengevaluasi kebenaran konten menggunakan

verifikasi teks, gambar, dan video; menggunakan cara membaca lateral untuk mengevaluasi informasi digital yang kompleks;

 

C3

Disajikan soal pilihan Ganda memferifikasi sebuah sebuah informasi berupa gambar.

Peserta didik mampu Menerapkan konsep

Verifikasi sebuah informasi fie digital berupa gambar atau video

 

37

 

C3

Disajikan soal pilihan Ganda memferifikasi sebuah sebuah informasi berupa gambar.

Peserta didik mampu Menerapkan konsep Verifikasi metadata

 

38

 

C3

Disajikan soal pilihan Ganda memferifikasi sebuah sebuah informasi berupa gambar.

Peserta didik mampu Menerapkan konsep Verifikasi metadata

 

39

 

C4

Disajikan soal pilihan Ganda memferifikasi sebuah sebuah informasi berupa gambar.

Peserta didik mampu Menerapkan konsep Verifikasi metadata pada sebuh video

 

40

 



Posting Komentar

0 Komentar